Earth Hours


Earth Hour adalah satu hari dimana dilaksanakan perayaan tahunan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kondisi bumi yang semakin buruk, dahulunya adalah acara yang dicetuskan oleh WWF Australia, yang dirayakan di hari sabtu terakhir di bulan maret. Ngerayainnya ngapain nih?Ngerayainnya dengan save energy yaitu dengan mematikan lampu dan alat elektonik yang tidak kita gunakan selama 1 jam (60 menit).


Nah diatas udah ada nih lambang Earth Hour dari tahun ke tahun, tapi kenapa tulisannya 60+, nggak 60 aja yang melambangkan kalo kita matiin lampunya hanya selama 60 menit/ 1 jam. Tanda + itu berarti diharapkan kita mematikan lampunya nggak cuma pas hari H Earth Hour yang tahun 2012 ini jatuh pada sabtu 31 Maret, tapi kita harus menjadikan mematikan lampu danalat elektronik yang tidak digunakan menjadi suatu kebiasaan hemat energi, kan sayang kalau membiarkanalat elektronik yang tidak digunakan dalam kondisi standby yang keadaannya tetap butuh asupan listrik tapi kita sendiri nggak gunain tuh alat kan. Nah lebih baik dimatikan, selain hemat buat kita yang bayar listriknya ke pemerintah, kita juga untung dengan ikut serta berperan aktif menjaga bumi dari keterpurukan krisis lingkungan dan energi ini.

Dalam rangka hemat energi dan cinta lingkungan, cinta bumi. Cinta bumi kan?mau buminya tetep ada kan?iyalah ya kecuali kalo udah bosen gitu tinggal di bumi dan lebih berpikiran untuk pindah ke pluto yang lebih gelap.hehe Selain dengan ikut serta mendukung aksi Earth Hour dengan mematikan lampu dan alat listrik yang tidak digunakan pada tanggal 31 maret 2012 pada pukul 8.30-9.30 malam dan menjadikannya gaya hidup. Temen-temen juga bisa tetep hemat energy dengan gaya lain, yaitu dengan menggunakan kertas di keduasisinya, menggunakan transportasi publik, tidak menggunakan styrofoam, dan masik banyak lagi yang dapat temen-temen lakukan buat ikut serta berperan aktif hemat energi.



Selain aksinyata temen-temen, kita juga perlu dukungan temen-temen nih melalui gerakan SIGN UP di website Earth Hour Indonesia nanti setelah masuk webnya temen-temen lanjut ke tab daftar nanti akan muncul jendela kayak gini
Klik gambar untuk menuju ke website Earth Hour


Kalo temen-temen udah sign up brarti temen-temen udah berkomitmen untuk mendukung acara Earth Hour tahun ini dengan mematikan lampunya pada tanggal 31 Maret 2012 jam 8.30-9.30 malem. Terus apa hubungannga KSP Macaca dengan EH?

Kelompok Studi Primata (KSP) Macaca juga peduli lah dengan lingkungan yang merupakan habitat dari primata, habitat dari kita semua. KSP juga aktif mengirimkan wakil-wakilnya sebagai volunteer Earth Hour di tiap tahunnya dalam aksi kampanye Earth Hour terutama di Universitas Negeri Jakarta dan sekitarnya. Salah satu kegiatan yang baru aja dilakukan senin lalu (21 Feb) adalah membuka stand sign up dan photo booth di acara Schoolarship and Job Festival di Teater Terbuka Kampus A, Universitas Negeri Jakarta. KSP disini nggak kerja sendiri, tapi KSP disini kerja team dengan semua warga Biologi UNJ yang mau dan bersedia menjadi volunteer dan ikut serta dalam semua aksi kampanye Earth Hour ini. Berikut dokumentasinya


Mari Bersama Dengan Kelompok Studi Primata (KSP) Macaca Universitas Negeri Jakarta
Mendukung Gerakan Hemat Energi, Earth Hour dengan mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak digunakan pada tanggal 31 Maret 2012, pada pukul 8.30-9.30 malam dan jadikan hemat energi sebagai gaya hidup kamu!

#IniAksiKu! , ManaAksiMu? - @EHIndonesia - www.earthhour.wwf.or.id - Earth Hour UNJ

Komentar