WORLD RHINO DAY 2013

WORLD RHINO DAY
22 SEPTEMBER 2013

Hari ini, tepatnya Minggu, 22 september 2013, pukul 06.00-09.00 AM kami memperingati hari badak sedunia. Fakta menyatakan dari 5 badak yang ada di seluruh dunia, 2 diantaranya terdapat di Indonesia. Badak yang terdapat di Indonesia, berada di Pulau Sumatra dan Pulau Jawa,  tepatnya badak Sumatra (Dicerorhinus sumatranensis), dan badak cula 1 yang ada di Ujung Kulon (Rhinoceros sondaicus). Saat ini, kelangsungan hidup badak cukup memprihatinkan, badak-badak yang malang kini terancam punah (critically endangered species). Banyak sekali kegiatan manusia yang mengancam keberadaan badak untuk dapat bertahan. Kegiatan manusia mulai dari berburu untuk mengambil cula nya, diperjual belikan, mengambil bagian tubuhnya yang lain untuk digunakan sebagai obat tradisional, dan sampai berkurangnya habitat (lahan hutan) tempat badak dapat bertahan. 
Sehubungan dengan memprihatinkannya keadaan badak di seluruh dunia yang mulai terancam, kita sebagai generasi muda diharapkan dapat mendorong efektivitas upaya pencegahan terhadap perburan dan perdagangan liar, khususnya perdagangan cula badak. Salah satu upaya penyadaran dan membuka wawasan masyarakat dilakukan dengan aktivitas pawai (long march) di kawasan car free day Jalan Sudirman. Saat melakukan long march kami berhenti di beberapa titik untuk menyerukann beberapa yel-yel untuk menyadarkan masyarakat... salah satunya Ga ada badak.. ga ada badak.. ga ada badak engga bagus.. ; world rhino day.. new hope new home. Tidak hanya menyerukan yel-yel saja.. beberapa diantara kami.. ada yang membawa baner yang bertuliskan  I Give Them Hope,  dan beberapa tulisan” Badak Jawa Butuh Rumah Baru”; “Stop Perdagangan Cula Badak”; “Ayo Cintai Badak Indonesia”; “Dukung Pelestarian Badak Jawa dan Sumatra” dan masih banyak lagi..
Selama aksi berlangsung ga lupa juga di setiap titik perhentian kita melakukan foto aksi.. sampai di titik terakhir.. kita semua tidur terlentang di tengah jalan sudirman... wow seru nya pengalaman hari ini untuk memperingati hari badak sedunia.. “HAPPY WORLD RHINO DAY.. NEW HOPE NEW HOME”..
Tak lupa juga memperingati Hari Badak Sedunia.. aksi ini melibatkan kerjasama banyak pihak, diantaranya adalah :  WWF, komunitas jump still, Parkour, Forum Badak Indonesia, Transformasi Hijau, Teens Go Green, ga lupa juga kita-kita mahasiswa turut partisipasi.. ada KSP Macaca UNJ, KPP Tarsius UIN, KPB Nectarinia UIN, KSPL Unas dan masyarakat umum yang ikut berpartisipasi.


Nah ini dia dokumentasi World Rhino day.. 22 September 2013   


Persiapan sebelum aksi 


Saat aksi
Setelah aksi

Yes... here we are.. Pidi, Aje, Beby dan Jena.. from KSP Macaca UNJ.. . participated.. WORLD RHINO DAY








 

Komentar