Apa saja sih kegiatan KSP Macaca UNJ ?

1. Journal Club


Kegiatan ini rutin kami lakukan di setiap minggunya, Selepas kuliah di saung kami membahas paper-paper ilmiah dalam bidang primata, mengetahui masalah ilmiah baru dan mempelajari teknik-teknik baru dalam penelitian primata.

2. Kuliah Primata


Kuliah umum ini biasa diadakan dua atau tiga kali dalam setahun, tujuannya adalah untuk memperkenalkan primata kepada mahasiswa baru jurusan biologi yang tertarik dengan primata.

3. Pengenalan Primata


Setelah tahu tentang seluk beluk primata melalui kuliah primata, Kami juga mengajak mahasiswa baru ke Pusat Primata Schmutzer, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan untuk bertemu dan memperkenalkan primata yang ada di tempat tersebut secara langsung.

4. Monitoring Macaca



Setiap bulannya kami melakukan monitoring atau pengamatan monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) di Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA), Jakarta Utara. Kami mengamati aktifitas harian dari monyet ekor panjang, serta jumlah populasi dan persebarannya di sekitar SMMA.

5. Pelatihan Ekologi


Tidak hanya primata yang kami pelajari, tetapi kami juga mempelajari bidang-bidang lain dalam biologi, seperti bidang botani, herpetofauna, serangga, dan mamalia lain selain primata. Pelatihan ini ditujukan kepada anggota baru KSP Macaca UNJ.

6. Project Ecology



Setelah menemukan bidang-bidang yang diminati, kami juga melakukan proyek penelitian yang bertemakan ekologi.

Komentar