KSP Macaca UNJ di Seminar Nasional Ekspedisi Batas Negeri

Seminar Nasional Ekspedisi Batas Negeri


Pada hari Sabtu, 3 Mei 2014 di Auditorium CCR IPB (Institut Pertanian Bogor) KSP Macaca UNJ menghadiri acara Seminar Nasional Ekspedisi Batas Negeri yang diadakan oleh Unit Konservasi Fauna (UKF) dari IPB dengan pembicara Ngakan Gede, SH - Asisten Teritorial (Aster) TNI, Amrullah Octavian - TNI AL, Suratno, Asisten Deputi Potensi Perbatasan Laut, BNPP.

Berikut ringkasan maerinya

1. Materi I (Ngakan Gede, SH - Asisten Teritorial (Aster) TNI)
“Wilayah Perbatasan”
Wilayah laut Indonesia berbatasan dengan 10 negara serta wilayah daratan dengan 3 negara. Hal ini lah yang membuat Indonesia harus memiliki kekuatan untuk tetap mempertahankan batas yang ada salah satunya dengan mengerahkan TNI di wilayah perbatasan. Pulau Dana sendiri merupakan pulau paling selatan indonesia yang juga merupakan pulau terluar NKRI. Belum lagi menanggapi isu-isu perbatasan yang kerap muncul akibat dari kurang tegasnyya pemerintah menanggapi hal tersebut.

Bapak Ngakan Gede, SH – Aster TNI

2. Materi II (Amrullah Octavian - TNI AL)
“Strategi TNI AL dalam Pengamanan Pulau Terluar khususnya di Pulau Dana”
Indonesia dalam 10 tahun terakhir telah kehilangan kurang lebih 9 pulau dari 17.508 yang hilang dengan berbagai cara. Baik hilang secara kepemilikan, hilang secara pengawasan, dan hilang secara ekonomi. Oleh karena itu TNI AL berperan dalam banyak hal (Teori Trinitas) yang dikemukakan oleh Ken Booth yang mencakup 3 hal yang paling penting dalam peranan TNI AL (Military, policional, diplomacy)

3. Materi III
“Konservasi Pulau Dana”
Tumbuhan dan Satwa yang ada di pulau Dana, NTT terdiri dari Savana (60% dari kawasan yang mengelilingi pinggiran pulau), Hutan campuran (40%), Rusa Timor, Itik Liar, Sanca Timor, Kesambi, Lontar, Gaharu, Kayu Merah, dll

4. Materi IV (Suratno, Asisten Deputi Potensi Perbatasan Laut, BNPP)
“Pengelolaan Kawasan Perbatasan”
Peran BNPP yang merupakan gabungan dari beberapa Kementrian yang ada di negeri ini berusaha mempertahankan Pulau-pulau terdepan Indonesia terutama dalam kekuatan hukum yang dimiliki. Meski belum banyak hal yang dilakukan BNPP sebagai badan yang baru terbentuk akan berusaha lebih maksimal dalam mempertahankan wilayah Indonesia.

Performance Ketapel-Universitas Pakuan

(Kiri-Kanan) Bpk. Bayu A yulianto, Bpk. Amrullah Octavian, Bpk. Marsetio, Bpk. Suratno

Seminar kit

Teman-teman KSP Macaca UNJ

Komentar