KSP Macaca UNJ di Talk Show “Let Elephants Be Elephants”

Hari Rabu, 23 April 2014 pukul 19.00- 21.00 wib. KSP Macaca UNJ menghadiei acara Talk Show “Let Elephants Be Elephants” yang bertempat di @america Pacific Placelantai 3, Jakarta Selatan dengan pembicara Nadya Hutagalung, Dr Temmy (Peneliti gajah asal Australia), dan Dr. Herawati (genetic conservationist asal Indonesia)

Berikut ringkasan materinya

“Jadikan gajah sebagai gajah sebenarnya” yang jadi header di talkshow ini. salah satu kegiatan kepedulian terhadap biodiversitas khususnya gajah. Dewasa ini banyak ditemukan di pasar Thailand gading gajah yang dijadikan aksesoris dan barang pajangan lainnya, dari situlah muncul kecurigaan akan keselamatan gajah, maka Nadya Hutagalung, Dr. Temmy, dan team melakukan survey ke Afrika dan ditemui fakta bahwa gajah yang ada disana sudah banyak yang diburu secara illegal oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab. Ditemukan tengkorak-tengkorak gajah di habitatnya. Oleh karena itulah, Nadya Hutagalung dan team mengajak kita untuk lebih peduli dengan gajah, terutama jangan membeli barang-barang yang berasal dari gading gajah.

Salah satu tindakan nyata untuk mengatasi pemburuan liar gajah, yaitu dengan menggabungkan konsep forensic genetic dan genetic concervation. Dimana gajah yang ditemukan mati akan diuji secara forensik, kemudian data tersebut dicocokkan dengan database gajah pada habitat tertentu. Maka dari tindakan tersebut akan terselidiki kasus pembunuhan liar yang selanjutnya akan diajukan ke pengadilan.

Gajah

Gajah yang ditemukan mati di Afrika



Komentar