KSP Macaca di GLOBAL TIGER DAY 2015

Acara ini dilaksanakan tanggal 9 Agustus 2015 di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan kesadaran dan pencerdasan kembali kepada masyarakat terhadap kepeduliannya  pada harimau Sumatra (Panthera tigris). Acara tersebut dihadiri oleh anggota KSP Macaca UNJ, FSP UNAS dan juga dari universitas lainnya.Ketua penyelenggara acara ini adalah Kak Ristika selaku anggota KSP Macaca UNJ.  Sekarang akan dibahas mengenai Harimau Sumatra iu sendiri.

Harimau Sumatera termasuk satwa langka yang juga merupakan satu-satunya sub-spisies harimau yang masih dipunyai Indonesia setelah dua saudaranya Harimau Bali (Panthera tigris balica) dan Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dinyatakan punah.Hingga sekarang diperkirakan hanya tersisa 400-500 ekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang masih bertahan di alam bebas. Selain itu terdapat sedikitnya 250 ekor Harimau Sumatera yang dipelihara di berbagai kebun binatang di seluruh penjuru dunia.

Pengrusakan habitat adalah ancaman terbesar terhadap populasi harimau sumatera saat ini. Pembalakan hutan tetap berlangsung bahkan di taman nasional yang seharusnya dilindungi. Tercatat 66 ekor harimau terbunuh antara tahun 1998 hingga 2000.Ukurannya yang kecil memudahkannya menjelajahi rimba.Terdapat selaput di sela-sela jarinya yang menjadikan mereka mampu berenang cepat.Harimau ini diketahui menyudutkan mangsanya ke air, terutama bila binatang buruan tersebut lambat berenang.Bulunya berubah warna menjadi hijau gelap ketika melahirkan.

Harimau Sumatra hanya ditemukan di pulau Sumatra.Kucing langka ini mampu hidup di manapun, dari hutan dataran rendah sampai hutan pegunungan, dan tinggal di banyak tempat yang tak terlindungi.Makanan harimau sumatra tergantung tempat tinggalnya dan seberapa berlimpah mangsanya. Harimau sumatra merupakan hewan soliter yang berburu di malam hari. Kucing ini mengintai mangsanya dengan sabar sebelum menyerang dari belakang atau samping. Mereka memakan apapun yang dapat ditangkap, umumnya celeng dan rusa, dan terkadang unggas,ikan, dan Orangutan. Menurut penduduk setempat harimau sumatra juga gemar makan durian.Harimau Sumatera juga mampu berenang dan memanjat pohon ketika memburu mangsa. Luas kawasan perburuan harimau Sumatera tidak diketahui dengan tepat, tetapi diperkirakan bahwa 4-5 ekor harimau Sumatera dewasa memerlukan kawasan jelajah seluas 100 kilometer.

Keistimewaan Harimau Sumatera
Hewan buas ini tampak gagah. Tubuh kekarnya membuat hewan lain seakan tak berani menatap. Sayangnya, kegagahannya itu tak sebanding dengan kemampuannya untuk bertahan hidup.

1. Termasuk Satwa Kritis
Kritis di sini berarti benar-benar terancam punah.Sesuai dengan namanya, habitat aslinya adalah di Pulau Sumatera.Hewan ini satu-satunya dari enam subspesies, yang masih bertahan hidup.Populasinya hanya 400-500 ekor. Oleh karena itu, harimau sumatera banyak hidup di taman nasional Sumatera.

2. Memiliki Warna Paling Gelap
Meskipun termasuk harimau kecil, hewan ini memiliki warna tubuh yang unik. Tubuhnya berwarna paling gelap dibandingkan seluruh harimau lain. Corak belang bagian yang berwarna hitam, lebar dan letaknya berdempetan.
Ada satu lagi keunikannya mengenai warna tubuh.Yaitu, bila sedang melahirkan, warna tubuhnya berubah menjadi hijau gelap.

3. Dapat Berenang Cepat
Pada sela-sela jari harimau sumatera terdapat selaput.Hal ini membuat harimau sumatera dapat berenang cepat. Ketika mengejar mangsa, hewan ini akan menyudutkannya ke air. Apalagi bila hewan mangsanya tipe yang lambat berenang.

4. Bisa Tinggal di Mana Saja
Harimau sumatera adalah hewan yang mudah tinggal di mana saja.Dia bisa hidup di hutan yang ada di dataran rendah, tempat-tempat yang tidak terlindungi, hutan pegunungan, sampai lahan pertanian.
5. Pemburu yang Hebat
Hewan yang satu ini memang pemburu yang hebat. Dia akan mengintai hewan buruannya dengan sabar. Ketika hewan buruannya lengah atau tak berdaya, harimau sumatera akan menyerangnya. Dia bisa melompat, berlari, dan memanjat pohon ketika sedang berburu. Setelah itu, dia akan melahap mangsanya sampai kenyang.

6. Banyak Diminati Manusia
Manusia sangat berminat pada harimau, untuk dijual.Oleh karena itu, perdagangan tubuh harimau sangat marak.Sebelum dijual, harimau dikuliti, diambil kumisnya, atau taringnya.Ada juga yang dijual utuh, untuk hiasan rumah.
Perdagangan harimau sumatera ini sangat memprihatinkan.Padahal, kalau bisa dilestarikan, harimau sumatera dapat menjadi satu spesies terpisah, karena memiliki keunikan genetik.
UPAYA PEMECAHAN MASALAH
Strategi
Upaya pemecahan masalah dan mengatasi faktor-faktor yang akan menyebabkan kepunahan harimau sumatera di habitatnya tidak dapat dilakukan secara parsial tetapi harus dilaksanakan secara menyeluruh dan simultan. Oleh karena itu Strategi Comprehensip Dalam Konservasi Harimau Sumatera perlu dilaksanakan melalui implementasi program dan kegiatan yang efektip.
Program dan Kegiatan
Untuk mencegah terjadinya kepunahan harimau sumatera diperlukan tindakan yang secara komprehensip dapat memecahkan permasalahan dan mengatasi faktor-faktor penyebab kepunahan harimau sumatera. Program dan kegiatan yang diperlukan diantaranya, adalah:
1)      Perlindungan dan Perluasan habitat harimau, diantaranya melalui kegiatan a.Melindungi secara intensif habitat-habitat harimau sumatera yang sudah berstatus sebagai kawasan konservasi.
b.Memperluas kawasan konservasi yang berfungsi sebagai habitat harimau sumatera hingga mencapau luasan yang cukup aman untuk menampung harimau dalam kondisi populasi sehat dan independen
c.Melakukan pengelolaan terpadu atas habitat harimau sumatera yang terdapat di Luar Kawasan Konservasi sehingga tujuan eksploitasi sumber daya alam untuk kepentingan ekonomi dan konservasi dapat berjalan dengan baik.
d.Melindungi habitat harimau sumatera pada areal yang akan dilakukan konversi maupun pada Kawasan yang akan dijadikan Perkebunan, HTI dan kepentingan lainnya melalui analisis HCVF yang berskala lanskap sehingga kawasan penting bagi harimau sumatera bisa terselamatkan tanpa mengurangi dan menghambat tujuan produksi hutan.
2)      Perlindungan Harimau :
a.Pengembangan satuan perlindungan harimau yang terdiri atas POLHUT dan Masyarakat yang secara intensip melakukan patroli perlindungan harimau, satwa mangsa dan habitatnya.
b.Monitoring dan pengaturan populasi serta penyebaran Harimau Sumatera dan satwa mangsa dalam jangka panjang.
c.Mengembangkan Tiger Centre sebagai pusat pengaturan dan distribusi dan translokasi harimau sumatera sebagai alternative apabila koridor ekologi belum memungkinkan untuk diterapkan.
3)      Penanganan Konflik antara harimau dengan Masyarakat
a.Pembuatan Protokol Penganan Konflik antara Harimau dengan Masyarakat yang lebih menjamin kelestarian harimau sumatera.
b.Pelepasliaran Harimau Penyebab Konflik ke habitat alaminya.
c. Translokasi harimau sumatera yang berada pada daerah-daerah rawan konflik dan harimau dalam kondisi ukuran populasi yang sangat tidak sehat dan terancam punah secara lokal.
4)      Peningkatan Keasadaran dan Penegakan Hukum
a.Peningkatan kapasitas SDM dan Aparatur Pengaman dan Penegak Hukum dalam penangnan dan penyelesaian kasus tindak pidana bidang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.
b.Pembentukan Team Penanggulangan Pemburuan dan Perdagangan Liar Satwa Harimau dan satwa Dilindungi lainnya mulai dari Tingkat Kabupaten, Tingkat Propinsi dan Tingkat Nasional.
c.Penyuluhan kepada masyarakat.
d.Kampanye.
5)      Peningkatan Kesadaran dan Peranserta Masyarakat dalam konservasi harimau sumatera.
a.Penyuluhan tentang konservasi harimau sumatera.
b.Kampanye penyadaran konservasi harimau sumatera.
c.Peningkatankesejahteraan masyarakat lokal.
           
            Jadi konservasi harimau sumatera adalah bagian dari perlindungan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, oleh karena itu pemanfaatan sumberdaya alam bagi kepentingan pembangunan dan ekonomi harus pula memperhatikan konservasi harimau sumatera.

Harimau sumatera adalah milik Masyarakat dan Bangsa Indonesia bahkan menjadi milik Dunia, oleh karena itu untuk melestarikannya diperlukan komitmen dari seluruh Pihak untuk turut serta dalam upaya konservasi harimau sumatera. Berikut ini beberapa dokumentasi dari acara Global Tiger Day 2015 : 






Ditulis oleh : Departemen Humas KSP Macaca UNJ 2015-2016
Diedit dan Dipublikasikan oleh : Departemen Kominfo KSP Macaca UNJ 2015-2016

Komentar