KSP Macaca di STONE (Study Tour with Grosteen Neasta) 3



Kegiatan guiding dilakukan di PPKA Bodogol pada tanggal 13-16 Juni 2015. Peserta kegiatan ini adalah anggota dari Grosteen Neasta (Group of Scientist Teenager in East Jakarta), yang terdiri atas siswa-siswi KIR (Karya Ilmiah Remaja) SMA se-Jakarta Timur. Tujuan dari kegiatan guiding ini adalah mengenalkan ilmu dasar tentang alam, kebiologian, dan teknik untuk melakukan suatu penelitian kepada siswa-siswi SMA.

Pada kegiatan guiding ini, panitia acara membagi beberapa kelompok yang berisikan 5-6 peserta guiding. Dari masing-masing kelompok juga didampingi panitia, mentor dan guide dari PPKA Bodogol. Selaku mentor, anggota KSP Macaca UNJ yang berpartisipasi dalam kegiatan guiding ini adalah sebanyak 6 orang dari KSP XI dan KSP XII, antara lain: Sri Yuliasih Wiyati (Insecta), Mai Turgiyanti (Tanaman Herbal), Desy Octavia (Primata), Sri Supardi Wibowo (Primata), Dicky Larisdo S. ( Reptilia), dan Helmi Romdhoni (Daerah Aliran Sungai/ DAS). Materi yang dibagikan oleh para mentor antara lain: ilmu dasar tentang objek penelitian, jenis-jenis objek penelitian apa saja yang dapat ditemukan di hutan, serta pengenalan alat dan metode penelitian.

Selama guiding, peserta kegiatan STONE ini sangat antusias. Antusiasme siswa-siswi SMA ini terlihat mulai dari aplikasi pemakaian alat penelitian, sampai hal-hal baru yang mereka lihat, amati dan mereka temukan saat tracking. Antusiasme ini dibuktikan dari pertanyaan-pertanyaan selama kegiatan yang mereka lontarkan saat perjalanan menuju jalur penelitian, juga saat kegiatan diskusi di sore hari dan malam hari. Masing-masing kelompok akan melaporkan ilmu apa saja yang mereka dapat saat berlangsungnya tracking. Mulai dari cara memakai alat penelitian yang benar, materi dasar terkait ilmu biologi yang mereka dapat, juga pengembangan ilmu yang mereka dapatkan di sekolahnya dan apa yang mereka amati secara langsung di lapangan. Beberapa dokumentasi photo dari acara tersebut, diantaranya : 






Ditulis oleh : Departemen Humas KSP Macaca UNJ 2015-2016
Diedit dan Dipublikasikan oleh : Departemen Kominfo KSP Macaca UNJ 2015-2016

Komentar