Pelatihan Dasar Organisasi 2020

Pelatihan Dasar Organisasi 2020
KSP Macaca UNJ

Noer Syahbani KSP XVI 


Jakarta - Pada tanggal 4 - 5 Juli 2002 KSP Macaca UNJ menghelat agenda tahunan yang diperuntukan bagi anggota baru KSP Macaca UNJ yaitu Pelatihan Dasar Organisasi atau yang lebih dikenal dengan PDO KSP. PDO sendiri merupakan suatu agenda yang mana bertujuan untuk meningkatkan kemampuan softskill dalam bidang keorganisasian, keprimataan, guiding, dan hal lainnya yang berkaitan dengan pengembangan diri anggota KSP Macaca UNJ sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan jaman. sejalan dengan tujuan awal, Kepala Departemen KSP Macaca UNJ - Andrian Bayu - mengungkapkan " .. iya jadi, PDO itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota baru terutama terkait keorganisasian dan keprimataan.. Selain itu juga terkait softskill mereka untuk nantinya bisa mengedukasi masyarakat terkait primata itu sendiri.." tuturnya. 

Berbeda dari tahun - tahun sebelumnya dikarenakan Pandemi Covid-19, PDO tahun ini diadakan secara daring melalui platform GoogleMeet. meskipun demikian, tidak menyurutkan antusiasme dan semangat peserta untuk terus belajar dan mendapatkan ilmu baru dari agenda ini. Pada tahun ini PDO mengangkat tema "Konservasi dalam Organisasai: Explore Conservation on Organization Approach" menyajikan beberapa materi dengan pembicara yang berpengalaman dibidangnya yaitu Keprimataan (Farhan Adyn, Ketua KSP Macaca UNJ 2019-2020), Manajemen Penelitian (Andi Ilham Razak, S.Pd.,), Manajemen Keorganisasian (Fauzan Nur F., Kepala Divisi HUMAS KSP Macaca UNJ 2019-2020), dan Guiding (Ilham Fauzan H., Tour Guide).

Dimulai pada hari pertama mengenai Manajemen Keorganisasian oleh Kak Fauzan, beliau memaparkan dasar-dasar suatu organisasi dapat terbentuk, tujuan, serta manfaat mengikuti organisasi bagi tiap individu. Disambung dengan materi selanjutny mengenai Keprimataan oleh Kak Farhan yang menjelaskan mengenai perkembangan ilmu primata di dunia serta dasar klasifikasi pada primata yang memperkaya ilmu mengenai keprimataan khususnya bagi peserta PDO 2020.

Dihari berikutnya (5/7) materi dilanjutkan oleh Kak Razak mengenai Manajemen Penelitian yang mana beliau memaparkan bagaiman secara runut merancang suatu penelitian yang akan dilaksakanan beserta tips dan triknya hingga sampai terpublikasi sebagai karya tulis ilmiah. Materi diakhiri oleh Ka Ilham dengan materi Guiding yang mana beliau menekankan bagaimana menjadi seorang yang guide yang baik dalam memandu wisatawan. setelah sesi penyampaian materi selesai dilakukan Post-test untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta terhadap ilmu yang telah diberikan. Post-test tersebut diadakan dua sesi yaitu pilihan berganda dan Essay. Evaluasi akhir peserta dapat dilihat sebagai berikut:






Sebelum acara berakhir, dilakukan dokumentasi dengan foto bersama dan silaturahmi anggota KSP macaca UNJ. Defa KSP XVIII selaku ketua pelaksana saat diwawancarai oleh tim HUMAS menyampaikan sebuah pesan untuk seluruh anggota KSP "Semoga melalui agenda Pelatihan Dasar Organisasi yang telah dilaksanakan dapat menambah kapasitas ilmu pengetahuan terkhusus anggota baru meskipun terdapat modifikasi dalam tata cara pelaksanaan yang dilakukan secara online serta tidak menyurutkan semangat teman teman untuk menggali potensi dalam diri. Dan semoga agenda yang telah dilaksanakan dapat membangun ikatan silahturahmi yang terajut di dalam KSP Macaca UNJ." tutur gadis kecil selaku ketua serta peraih nilai tertinggi dalam post test tersebut.


Pada akhirnya, kegiatan ini dapat menjaga silaturahmi antara anggota KSP itu sendiri serta meningkatkan kemampuan softskill terutama para peserta PDO KSP 2020 meskipun di tengah Pandemi Covid-19 ini. semoga silaturahmi diantara kita tidak pernah terputus dan jika ada kesempatan semoga dapat terus berkumpul serta berjumpa dilain kesempatan dalam agenda selanjutnya.

Salam Lestari!

Salam Konservasi!

KSP Macaca UNJ. Inisiatif, Kreatif, Kontributif!
©️ HUMAS KSP Macaca UNJ

Komentar